Film Animasi Terbaik 2010, Wajib Kamu Tonton

Pada tahun 2010an adalah sebuah dekade yang menarik untuk semua dunia perfilman. Tahun tersebut menghasilkan era baru dari kemunculan pembuatan film, terutama film independen. Transformasi ini menjadi sebuah hal yang juga dapat dilihat dengan sangat baik, di dalam pertumbuhan film animasi yang ada pada tahun 2010-an. Dengan para master seperti yang kita kenal Hayao Miyazaki yang sudah mencapai akhir karirnya, dan juga studio-studio besar seperti halnya Pixar yang mau tidak mau mengalami sebuah kemunduran. Para audiens dan juga para animator yang ternyata sama-sama melirik ke cara-cara baru yang ada di dalam pembuatan film animasi pada saat itu.

Film Animasi Terbaik 2010, Wajib Kamu Tonton

Film animasi menggapai puncak karirnya, dan beberapa film animasi juga pada tahun tersebut sangat sukses di pasaran. Menjadikan sebuah era film animasi yang baru. Film animasi yang tidak hanya disukai oleh anak-anak saja tapi juga film yang di sukai oleh semua umur. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa film animasi terbaik yang ada di tahun 2010. Dengan berbagai gaya animasi beberapa diantaranya merupakan fill yang cukup populer pada saat itu, dan menjadi film yang mendapatkan banyak pujian atau juga diremehkan. Film apa sajakah itu ?

1. How to Train Your Dragon

Dreamworks memang tidak memiliki sebuah filmografi yang layak bersaing dengan beberapa studio saingan lainya seperti Disney, Pixar ataupun juga Ghibli. Hal ini sangat wajar karena mengingat film mereka yang tidak selalu bagus, walau terkadang mereka juga bisa membuat film dengan premis yang sangat tepat. How to Train Your Dragon adalah sebuah film terbaik mereka yang muncul pada tahun 2010-an seperti halnya film Shrek di tahun 2000-an. Sekilas, memang tidak ada yang istimewa dari film ini. Terutama dengan sebuah plot petualangan standar dan juga desain studio yang tidak imajinatif sama sekali. Namun, kali ini mereka yang kemudian berhasil mengemasnya dengan sangat baik dan secara mengejutkan menjadi sebuah film yang sangat emosional.

Plot didalamnya yang menceritakan seorang putra dari ketua desa suku Viking yang sangat penakut dan kemudian berteman dengan seekor naga. Bersama-sama mereka menyelamatkan desanya dari sebuah kehancuran. How to Train Your Dragon adalah sebuah film yang mengharukan dan juga keberhasilannya telah terbukti menjadi sebuah hit, tidak hanya bagi anak-anak tetapi juga bagi para orang tua yang ikut menonton film ini.

2. The Little Prince

Film ini adalah sebuah film yang diangkat dari sebuah novel yang diterbitkan yaitu pada tahun 1943 Le Petit Prince. Film ini adalah sebuah film yang berbahasa Prancis bercerita tentang kehidupan seorang gadis muda dan ibunya yang tinggal di sebuah kota besar. Gadis tersebut ditargetkan untuk masuk ke dalam sekolah yang bergengsi, sehingga mendapatkan jadwal yang sangat ketat.

Namun, selama liburan musim panas ia yang kemudian bertemu dengan tetangganya yang sudah tua tapi masih tetap eksentrik, yang nantinya akan memberikan sebuah kisah petualangan Pangeran Kecil kepadanya. Seperti yang ada di dalam novelnya, film ini juga penuh dengan sebuah imajinasi yang sangat kental. Walau diceritakan dengan nuansa dengan penuh kanak-kanak, film ini juga sebuah film yang tetap memiliki sebuah esensi romansa khas Perancis yang ada di dalamnya.

3. Your Name

Your Name (Kimi no Na wa) adalah salah satu dari film Jepang paling sukses yang pernah ada selama beberapa dekade terakhir. Yang memecahkan sebuah rekor box office yang ada di negara ini. Namun walau diterima dengan baik oleh para kritikus film, film ini juga justru “lepas landas” di negara-negara Barat, tidak seperti pada film-film Ghibli umumnya. Ada banyak hal yang disukai tentang film ini, misalnya saja di dalam film ini visual sangat menakjubkan dan juga plotnya yang sangat kompleks.

Your Name sendiri menceritakan sebuah kehidupan berbeda antara seorang pemuda dan juga seorang gadis. Hubungan yang aneh di antara mereka pun mulai terbentuk ketika mereka yang mulai saling berganti tubuh pada setiap harinya. Your Name ini adalah sebuah film yang memang tidak memiliki daya tarik universal seperti halnya Spirited Away. Karena film ini adalah sebuah film roman remaja, jenis film yang sedikit berbeda dengan beberapa film-film animasi Ghibli yang lainnya. Namun tetap saja film ini menjadi salah satu film animasi yang wajib ditonton, terutama jika anda sangat menyukai film dengan style anime yang bergenre drama romance. Film ini mempunyai plot yang menarik yang disajikan kepada penontonnya.

4. The Lego Movie

Dalam film animasi ini, dimana aktor Chris Pratt menyuarakan Emmett, seorang pria lego yang tinggal di sebuah kota pembuat kue. Dia pun kemudian terseret ke dalam sebuah perjalanan yang sulit ke dunia lego lainnya, lalu dirinya bergabung dengan unicorn dan juga Batman untuk melawan sumber kejahatan yang ada di dunia itu.

Ceritanya memang memiliki alur yang sangat biasa saja, tetapi skrip lucu yang kemudian dikombinasikan dengan casting sempurna membuatnya menjadi sebuah film animasi klasik. Di balik itu semua, The Lego Movie yang benar-benar berhasil membawakan sebuah keseimbangan yang ada di antara animasi masa kecil dengan proses menuju kedewasan lewat penggambaran karakter yang ada di dalamnya.

5. Coco

Reputasi Pixar yang pada saat itu memang sedikit ternoda di tahun 2010-an, terutama karena mereka mengeluarkan sebagian besar sekuel yang tidak perlu dan juga mengeluarkan beberapa film animasi yang tak bernyawa. Coco adalah sebuah film animasi pengecualian untuk hal itu. Film animasi ini menceritakan tentang sebuah petualangan seorang bocah Meksiko yang sangat suka dengan musik, tetapi dilarang oleh keluarganya. Keputusan ini kemudian mengirimnya ke dalam perjalanan dan kemudian berakhir di Tanah Orang Mati, di mana dirinya yang harus bergulat dengan konflik keluarga dan juga konflik batin.

Sejauh ini, Coco adalah sebuah film Pixar dengan “paket lengkap.” Di dalamnya, ada animasi yang meniru seni tradisional Day of the Dead yang sangat apik. Sebuah alur cerita yang sangat bermakna dan penuh liku-liku, dan juga dilengkapi dengan soundtrack yang hebat. Coco adalah sebuah film animasi terbaik untuk segala usia, membuktikan jika Pixar masih memiliki banyak kisah asli yang bagus untuk dapat diceritakan.

6. Isle of Dogs

Film ini adalah sebuah film yang berlatar di Jepang alternatif, di mana para anjing yang pada saat itu sangat dilarang di negara ini. Dikarenakan penularan penyakit hingga dikirim ke sebuah pulau sampah untuk mati. Setelahnya, kemudian seorang anak laki-laki memutuskan untuk pergi ke pulau tersebut sendirian, untuk mencoba menyelamatkan anjing peliharaannya. Dia pun kemudian bergabung dengan sekelompok anjing liar yang membantunya di sekitar pulau untuk dapat menemukan anjingnya. Film ini sangat menyentuh, memiliki sebuah animasi yang sangat detail, naskah yang sangat unik, dan film animasi ini memiliki skor yang luar biasa bagus, yang dibuat oleh animasi Alexandre Desplat.

Demikian itulah beberapa film animasi yang sangat menarik pada tahun 2010. Film animasi ini adalah sebuah film animasi yang kemudian membuat sebuah perubahan besar kepada film animasi di tahun berikutnya. Tentunya beberapa film di atas masih sangat menarik untuk anda tonton bersama dengan keluarga anda. Selamat mencoba!

Comments are Disabled